About Me

Foto Saya
HIRUMA_GALILEO
YA~HA!!!
Lihat profil lengkapku

Nglongok

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Sabtu, 02 April 2011

postheadericon PENDIRI SMK TELKOM SANDHY PUTRA PURWOKERTO



Jenderal TNI (Purn.) Soesilo Soedarman lahir di Desa Gentasari, KROYA Cilacap pada 10 November 1928, beliau adalah mantan Menteri Koodinator Politik dan Keamanan pada masa Kabinet Pembangunan VI (1993-1998) dan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi (Menparpostel) pada masa Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

Soesilo Soedarman pernah juga pernah menjabat Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat yang berada di Washington DC dari 18 Februari 1986 hingga 11 April 1988.
Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di Maos-Cilacap, Soesilo melanjutkan pendidikan Taman Siswa di Yogyakarta, dan menjadi salah satu murid Ki Hadjar Dewantara. Usai menamatkan pendidikan Sekolah Menengah, ia masuk pendidikan Akademi Militer Yogyakarta Angkatan I (1945-1948) dan dilantik sebagai Perwira berpangkat Letnan Dua pada 28 Nopember 1948 di Gedung Agung, Yogyakarta.

Soesilo ikut diberbagai operasi militer dan operasi gerilya, baik semasa Taruna maupun saat menjadi Perwira Remaja, sampai pada Penyerahan Kedaulatan RI, Tahun 1949. Kemudian, di wilayah Priangan Utara, Operasi Penumpasan Pemberontakan PKI-Madiun 1948, serta Operasi Perang Kemerdekaan II di wilayah sekitar Yogyakarta, bergabung dalam kesatuan Sub-Werkhreise 104, Werkhreise III.

Karir militer Soesilo dari seorang Perwira Operasi, Komandan Pasukan, Pendidik, Atase Pertahanan, Staff Umum, sampai menjadi seorang Panglima Komando Wilayah Pertahanan, dengan pangkat Letnan Jenderal TNI. Hingga pada tahun 1993 ia diangkat menjadi Jenderal TNI Bintang Empat, saat ia menjabat Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menko Polkam) di masa Kabinet Pembangunan VI.

Selain sebagai seorang tokoh militer Indonesia yang memodernisasi organisasi, sumberdaya manusia, dan peralatan TNI, Soesilo juga seorang diplomat, seorang negarawan, dan seorang tokoh masyarakat. Ia menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia di Amerika Serikat (1985–1988). Kemudian pada tahun 1988-1993 ia menjabat Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kabinet Pembangunan V.

Pada tahun 1993 hingga 1997, Soesilo diangkat menjadi Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Kabinet Pembangunan VI yang merangkap Ketua Harian Dewan Kelautan Nasional. Sebagai tokoh masyarakat, ia menjadi Anggota Kehormatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Pengurus Olah Raga Menembak PERBAKIN, Ketua Umum Olah Raga Angkat Besi dan Binaraga PABBSI, serta Anggota Dewan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Universitas Negeri 11 Maret, Surakarta dan Universitas Lampung. Ia juga pernah memimpin berbagai organisasi kemasyarakatan, seperti Yayasan Ginjal Indonesia (YAGINA), Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENAWANGI), Yayasan Ki Hadjar Dewantara, Paguyuban Werkhreise-III, Ketua Umum Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri ABRI (PEPABRI) dan Ketua Yayasan Seruan Eling Banyumas (Seruling Mas).

Jenderal TNI (Purn.) Soesilo Soedarman wafat pada 18 Desember 1997 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan dengan Upacara Kebesaran Militer. Ia dianugerahi 25 Bintang Kehormatan, Satya Lencana dan penghargaan dari Indonesia, Amerika Serikat, Belanda, dan Austria

Atas Prakarsa Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi ( MENPARPOSTEL ) yaitu almarhum Jend Purn. SOESILO SUDARMAN pada waktu itu, bersama Yayasan Sandhykara Putra TELKOM dan PT. Telekomunikasi Indonesia, didirikanlah SMK TELKOM Sandhy Putra di Purwokerto pada tanggal 30 Januari 1993, dengan surat dari Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah No. 130/103/I/1993 tanggal 22 Januari 1993, tentang persetujuan pendirian/penyelenggaraan sekolah swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Sandhykara Putra TELKOM (YSPT).

Karir :
- Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Kabinet Pembangunan VI
- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Ri di Amerika Serikat (1985–1988)
- Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kabinet Pembangunan V (1988-1993)
- Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Kabinet Pembangunan VI (17 Maret 1993 - 14 Maret 1998), merangkap Ketua Harian Dewan Kelautan Nasional (1993-1997)

0 komentar: